Kamis, 20 Desember 2012

5 juta pertama (5)

Saya mau meng-update kabar project 5 juta pertama.

Sekarang memasuki tanggal 21 Desember. Masih ada 8 hari lagi menuju dead line penyerahan hard copy project 5 juta pertama kepada CV. Daya Optimasi Mandiri.

Well, sebenarnya sih saya sudah menyelesaikan draft projectnya. Jadi tinggal di print out setelah itu dikirim via post. Namun sebelum itu saya masih merevisi satu-dua hal untuk lebih memantapkan lagi.

Ada dua hal yang saya pikirkan seiring mengakhiri project ini. Pertama, ternyata project ini bukan sekedar menawarkan ide saja. Lebih dari itu, saya melihat ada hal yang lebih luas dan penting lagi dari sekedar menawarkan ide. Yaitu terdapat hal fundamental dalam bisnisnya. Saya membaginya ke dalam tiga hal: visi-misi, pemborosan, dan konsep pemasaran. Hal penting yang menentukan masa depan suatu bisnis.

Kedua, ini tentang plan B. Plan B saya susun untuk mengambil jalan lain menuju goal. Dengan tidak bermaksud menggurui, menurut saya, plan B sejatinya bukan jalan lain menuju goal lain. Ini yang banyak disalahartikan orang. Plan B adalah jalan lain menuju goal yang sama. Makanya, jangan alergi sama plan B.

Plan B saya adalah bagaimana kalau gagasan saya tidak diterima manajemen Pizza Rakyat pusat? Ada dua langkah, yaitu 1. Menawarkan kepada usaha serupa, Atau 2. Menjalankan Pizza Rakyat yang selama ini saya lakukan dengan merealisasikan metode yang saya buat. Kalau ditimbang dan diukur, sebenarnya lebih efektif menjalankan plan B yang kedua: bisnis jalan, uang datang, dan merealisasikan idea.

Oleh karena itu, sepertinya plan B yang saya tetapkan adalah yang kedua. Dengan spirit: bila kesempatan itu tidak datang, maka saya yang akan menciptakannya.

O iya, kayaknya sebelum dead line (29 Des) sudah bisa saya kirim. Kalau sudah begitu, insya Alloh mendapat kabarnya pun bisa lebih cepat. Dan menyiapkan langkah selanjutnya juga bisa lebih cepat.

Minta doanya, ya.

#regards