Selasa, 04 Desember 2012

Rak Buku

Kalau kemarin saya membahas gaya perpustakaan favorit, sekarang saya akan membahas tetang rak buku yang kiranya dapat mengisi perpustakaan saya kelak. Rak buku yang membuat iri. Iya, bikin iri!




Gambar ini saya dapat dari Google image. Saat saya masukkan kata kunci rak buku keren, rak buku unik, atau rak buku minimalis, foto ini selalu muncul. Atau barang kali jika saya ketik "rak buku" saja, mungkin image ini tetap muncul.

Tapi sejujurnya memang keren. Saya bisa membayangkan saat meletakkan buku-buku di sana. Semua space itu dapat saya isi kecuali yang bawah, ya.

Dari bentuk juga unik. Materialnya bagus, kayu. Warnanya woody. Tinggal nanti disesuaikan dengan warna dinding. Dan saya rasa rak buku tersebut multifungsi. Semisal untuk pajangan keramik. Atau mentok-mentok kandang hamster. Tapi nggaklah ya. :)


selanjutnya...



Saya rasa diimage tersebut bukan buku yang tersusun. Melainkan kumpulan CD. Tapi tidak mengapa. Kan rak buku juga multifungsi. Image sebelumnya aja bisa jadi kandang hamster. :)

Gambar rak buku di atas juga bikin iri. Karena bentuk dan warna menyerupai pohon, kesan yang timbul jadi go green. Kesan bisa memperkuat konsep. Untuk mewakili kesan dan konsep, dia sudah dapat. Bentuk juga sudah oke. Tinggal material pembentuknya. Karena yang saya lihat itu adalah tumpukan CD yang tidak seberat tumpukan dosa, makanya materialnya mungkin papan triplek biasa. Tapi kalau untuk buku, minimal papan tipelk 3 inci supaya kuat menopang.



Kalau rak buku di bawah ini lebih berseni...




Bentuk tidak simetris selalu saja menjadi pusat perhatian. Selain menara Pisa, rak buku tidak simetris juga mengundang daya tarik. Tidak simetris justru dinilai lebih artistik. Sejujurnya rak buku tersebut tidak simpel, tapi lebih berseni.


Kalau mau lihat yang simpel, mungkin rak di bawah ini dapat mewakili...




Bagaimana? Setuju dengan saya? Ini termasuk rak buku lho. Tapi tidak terlihat seperti rak buku, ya. Justru di sanalah kerennya. Ia lebih terlihat seperti tumpukan buku yang melayang. Seperti di film Harry Potter.

Saya suka melihat image ini. Kalau saya punya rumah kelak, mungkin gaya perpustakaan saya akan seperti itu. Menginspirasi!



Namun di antara sekian banyak image rak buku unik, keren, dan minimalis, saya lebih suka yang sederhana dan cantik seperti gambar di bawah ini...



Oke. Pasti ada yang bertanya, di mana bukunya? Bukunya memang tidak dipajang, tapi coba bayangkan bila buku-buku kita, kita letakkan di sana. Iya, memenuhi ruang kosong yang dibatasi botol kosong dan pot bunga itu. Coba. Indah bukan? Apalagi sampul buku kita warna-warni, tentu akan semakin menghidupkan nuansa rak buku kita. Perhatikan botol kosong itu. Kita bisa saja memberi air berwarna untuk mengisi botol-botol kosong itu. Atau kita dapat mengisinya dengan pasir berwarna. Atau bagaimanalah. Sekreatif kalian. Bagaimana? Keren kan?!

Rak buku tersebut ibarat wanita cantik yang tidak merasa cantik. Justru itulah yang membuat ia tampak lebih cantik. What a beautiful!



Well, bagaimanapun nantinya rak buku pilihan kita, intinya tetap sesuai selera kita. Selera saya boleh jadi berbeda dengan selera kalian. Tapi boleh jadi bisa juga sama.

So, pilihlah model rak buku yang paling nyaman. Senyaman saat kita membaca dan meletakkan buku kesayangan di altar terindah.

#nite