Selasa, 11 Desember 2012

5 juta pertama


Tentu saja ini soal uang.
Soal bagaimana menghasilkan 5 juta pertama.

Memasuki pertengahan Desember, uang saya habis. Tidak tersisa sepeserpun. Biasanya saya menyimpan uang receh di sela-sela dompet, nah, pas saya cek, ternyata nggak ada.

“ Yud, dompet gue kosong. Elo yang bayar, ya?”
“ Sama, Fiq. Gue juga gak punya.”

Bahkan seorang sahabat pun sampai ketularan tidak punya uang. Akhir percakapan di atas malah membawa kami berdiskusi panjang lebar di toilet berbayar di sebuah POM bensin di bilangan Jakarta Timur. Dan kami sepakat keluar dengan modal “maaf”.

Well, kejadian ini tidak boleh dibiarkan.


Melanjutkan membaca buku tentang pengusaha sukses, saya mendapat inspirasi. Gagasan cemerlang tentang: bagaimana mendapatkan uang.

Di buku tersebut – setelah saya analisis – selalu dituliskan pendapatan besar pertama para pengusaha sukses itu. Ambil contoh Michael Dell yang berhasil mendapatkan 2,000 dolar pertamanya pada usia 12 tahun. Berangsur meningkat mendapatkan 18,000 dolar pertamanya pada usia 16 tahun. Dan berhasil mendapatkan 100 juta dolar pertamanya – sekaligus memiliki 1.600 karyawan – pada usia 24 tahun.

Contoh lain yang lebih familiar saat ini, Steve Jobs. Sang legenda Apple ini mendapatkan 100 juta dolar pertamanya pada usia 25 tahun. Dan terus menggelembung sampai saya malas menulisnya.

Menarik, ya. Iya, karena ini soal motivasi mendapatkan uang yang bertumbuh. Bulan ini 1 juta, bulan depan 5 juta, bulan berikutnya 12 juta, dst. dst.

Yah, intinya sih seperti itu…

Balik ke saya.

Setelah saya ingat-ingat, 1 juta pertama, saya dapat saat berusia 19 tahun. Waktu itu masih kuliah dan nyambi jualan koran. Setelah itu tidak ada peningkatan yang wah lagi. Dan malam ini, saya bertekad untuk mendapatkan 5 juta pertama saya (belum pernah megang uang 5 juta).

Bagaimana caranya?

Well, saya juga belum tahu.

Nanti deh saya ceritakan ditulisan berikutnya, insya Alloh. Sekarang saya meditasi dulu. Mikirin cara mendapatkan 5 juta pertama.

See u...

#nite