Jumat, 14 Desember 2012

5 juta pertama (3)


Ini update project 5 juta pertama.


Semalam saya berdiskusi dengan seorang kawan. Menceritakan project ambisius ini. Dan saya tidak mengira hasil diskusi tersebut baik sekaligus menguras pikiran.

Intinya, teman tersebut mengapresiasi project ini. Menurutnya, project ini ide cemerlang, berbeda, sekaligus, yeah, terlalu berani.

“ Lo gak bisa bikin seperti ini aja, Fiq.” Katanya pada akhirnya. “ Ini mesti diseriusin.”
“ Maksud, Lu?”
“ Matengin konsep. Buat lebih detail lagi. Pastiin elo tutup semua kemungkinan terburuk.”

Diskusi di sebuah restoran fast food kemarin malam berjalan cukup lama. Banyak interupsi dari saya dan dia. Banyak juga masukan dia yang sangat membantu. Saya pun tidak mengira kalau ide ini malah semakin kaya dengan gagasan-gagasan positif.

Ini membuat saya berpikir, rasanya akan memakan waktu cukup panjang untuk mematangkan konsep. Setidaknya untuk mempelajari contoh yang ada dan mencari solusi segala kemungkinan. Buka-buka buku lagi, baca majalah lagi, dan berdiskusi dengan beberapa teman lagi.

Maka sepertinya, deadline pengiriman project dalam bentuk hard copy diperpanjang. Semula tanggal 15 Desember 2012, saya undur sampai dengan tanggal 29 Desember 2012. Tapi, seandainya saya mampu menyelesaikan kurang dari 29 Desember, tetap akan saya kirim hari itu juga. Dan segalanya akan saya dokumentasikan lewat tulisan di blog.

Terus bagaimana dengan kabar keuangan saya? Well, masih sama.


O iya, mau sedikit memanggil memori. Ini intermezzo saja.

Di usia 19 tahun, saya pernah sounding ide kepada dua orang teman, Fajar dan Randi. Ide itu adalah “Menciptakan Rekormu Sendiri”. Terinspirasi dari kenyataan bahwa setiap manusia unik – berbeda dari yang lain dan Guiness Book of Record.

Karena keunikannya, setiap manusia bebas melakukan apa yang ia anggap menarik atau menantang (karena berkaitan dengan record – menarik dan menantang).

“ Terus lo pengen bikin record apa?” tanya Fajar.
“ Nggak tidur selama 36 jam.”
“ Yeee, itu mah cari penyakit namanya.” tukas Randi. “ Coba yang lebih bermanfaat dong.”
“ Iya, kayak misalnya lo bisa ke lima benua sebelum usia 36, gitu.” tantang Fajar.

Setelah mengingat itu, setidaknya project ini sekaligus menjawab  tantangan Fajar dan Randi juga merealisasikan ide saya, menciptakan rekormu sendiri.

Saya sangat antusias menyelesaikan project ini.

#tetepmintadukungannya